Apakah Tubuh Kita Perlu Gula ?


Spread the love

Apakah Tubuh Kita Perlu Gula ?

Apakah tubuh kita perlu Gula ?

Tubuh kita memang membutuhkan zat gula, tetapi bukan dalam bentuk gula. Yang kita butuhkan adalah zat pati/karbohidrat alami dalam bentuknya alami seperti beras, kentang, ubi, singkong, jagung. Zat karbo ini di dalam tubuh akan diubah oleh hati menjadi glukosa untuk memasok energi ke otak dan jantung.

Tubuh kita tidak memerlukan zat gula dalam bentuk gula, itu sebabnya dalam artikel-artikel kesehatan selalu ada anjuran “cut off on sugars and sugary food”. Gula dan semua makanan manis yg diberi gula sebagai pemanis.

Jadi soal gula ini bukan sekedar proses pabrikannya, tetapi menambah gula ke dalam tubuh kita itu yang tidak sehat, gula apapun.

Apa alasannya kita harus tidak mengkonsumsi gula dan pemanis ?

Alasannya :

Kita semua tahu gula adalah pemanis makanan yang banyak di sukai orang, tetapi sedikit yang mengetahui sifat dari gula tersebut. Adapun sifat gula itu, bila dipanaskan gula itu menjadi caramel, gula yang mengkaramel inilah yg menjadi masalah bagi tubuh. Karamel gula atau disebut glycation ini mengikat macam-macam komponen dalam tubuh, yang diikat itu lemak, kolesterol dan asam urat. Lemak yang terikat oleh glycation akan menyebabkan plak. Dan plak itu akan menyumbat aliran darah dari jantung ke titik-titik lain. Tersumbat kearah otak akan membuat aliran darah ke otak pecah (mengakibatkan struk), tersumbat dekat jantung akan menyebabkan serangan jantung koroner.

Untuk mengubah gula menjadi energy tubuh kita memerlukan fungsi kerja pankreas, untuk gula pasir misalnya tubuh memerlukan waktu 3 menit untuk menjadikannya gula darah dan untuk mengubah gula darah menjadi energy yang dapat disimpan dalam otot, pankreas memerlukan waktu kira-kira 140 menit. Dalam satu hari pankreas yang normal hanya mampu mengubah 5 gram (½ sendok makan) gula pasir menjadi energi. Sisa gula pasir yang tidak bisa diproses oleh pankreas akan tertimbun dalam tubuh menjadi “gula darah dan lemak”. Lama kelamaan tubuh kita akan terkena penyakit Diabetes.

Aspertame, zat kimia yang digunakan sebagai pemanis sentetis ini adalah bahan berbahanya. Begitu kena air panas diatas 30 derajat ia berubah jadi formalin. Ia juga salah satu penyebab utama penyakit kanker, lupus, multiple sclerosis, dll. Dan Indonesia adalah salah satu pengimpor aspartame terbesar dunia, dan pemanis ini menyusup diam-diam digunakan sebagai pengganti gula di hampir semua industry makanan, termasuk di daerah-daerah.

Darimana sebaiknya kita mendapatkan zat gula untuk tubuh kita ?

Untuk mendapatkan zat gula kita bisa dapatkan atau peroleh dari beras, kentang, ubi, singkong, jagung, dimana di dalam tubuh akan diubah oleh hati menjadi Glukosa.

Juga kita bisa dapatkan dari buah-buahan segar. Buah-buahan dicerna oleh lambung kita dan selesai hanya dalam waktu 15-20 menit, kecuali pisang 45 menit. Dan zat gula di dalam buah ini langsung memberikan kita energy instan yang kita perlukan untuk bekerja sejak pagi hingga siang hari. Tetapi tetap diingat bahwa lambung kita besarnya hanya sebesar kepalan orang dewasa, makanlah secukupnya sehingga tidak membuat capek lambung kita.

Amankah sarapan buah itu ? Gak bikin Diabetes ?

Masih ragu dengan manfaat sarapan buah ? Seperti dijelaskan diatas, zat gula yang dibutuhkan oleh tubuh bisa kita dapatkan dari karbohidrat yang akan di ubah oleh hati menjadi glukosa. Untuk merubah glukosa menjadi energy, tubuh kita memerlukan fungsi kerja pankreas dan kita ketahui mereka baru bekerja (mengeluarkan enzim) setelah jam 11 siang dan pankreas hanya mampu mengolah gula darah menjadi energy cuma 5 gram (½ sendok makan) dan sisa yang tidak bisa diproses ini akan tertimbun dalam tubuh, yang lama kelamaan akan membuat tubuh kita akan terkena penyakit Diabetes. Beda dengan zat gula yang kita dapatkan dari buah-buahan segar, buah yang kita makan tidak memerlukan kerja hati / pankreas (enzim) untuk mengubah zat gula yang dikandungnya menjadi energi (cukup dengan enzim yang ada di air liur) yang kita perlukan untuk bekerja dari pagi hari sampai siang hari.

Dari sini kita pahami bahwa cuma zat gula yang berasal dari buah-buahan segar saja yang bagus bagi tubuh kita dan tidak merepotkan organ tubuh yang namanya pankreas, biarpun kita tahu ada sumber lain bagi kita utk mendapatkan zat gula untuk kesehatan tubuh kita.


Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.